Waspada Investasi Bodong

Hai,

Gimana kabar keuangan kamu? Moga2 aja gak kena tipu investasi bodong ya. Lagi rame kayaknya ya sekarang nih. Kemarin aja sampe dibahas di tv nasional. Tapi, masih banyak jg yang ketipu yah. Sebenarnya kayak apa sih itu?

Ok, tentang investasi udah pernah dibahas, apa dan kenapa kita perlu berinvestasi. Jadi, harusnya udah pada tau donk semua produk investasi mempunyai resiko, ada yang kecil ada yang besar resikonya. Nah, investasi bodong adalah investasi yang menjanjikan return yang fiktif dan bermaksud untuk mengeruk uang nasabahnya alias tipu-tipu. Return yang fiktif emang kayak gimana? Hmm, mari kita pergunakan logika berpikir rasional. Misalnya, ada perusahaan yang menjanjikan jika berinvestasi emas akan memberikan return 10% per bulan fixed (alias pasti selalu dapat) atau 120% per tahun, sedangkan rata2 kenaikan emas yaitu 15-18% per tahun nya. Gimana caranya 18% jd 120% per tahun, dan fixed? Padahal kita tau, harga emas walopun cenderung naik dlm jangka panjang, tp fluktuatif dlm jangka pendek, tp bisa fixed 10% per bulan? Hmmm..

Itu bru salah satu contoh saja. Trus gimana caranya biar terhindar? Ada beberapa tips:

  1. Gunakan akal sehat dan perhatikan resiko. Orang biasanya hanya melihat return saja, tanpa memperhatikan resiko. High return always has high risk.
  2. Perhatikan aspek legalitas, mulai dari perusahaan sampai kewajiban yang harus ada. Misal: investasi reksadana wajib ada prospektus
  3. Adakah badan hukum yang mengawasi dan menjamin? Jika ada, terdaftar kah perusahaan atau produk tersebut? Cek! Jika perusahannya di luar negri, apakah terdaftar di asosiasi internasional?
  4. Do your homework, teliti dulu dan pelajari produk dan model investasi yang ditawarkan. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.
  5. Orang Amerika bilang, “if it too good to be true, then it is too good to be true”, kalo kliatannya terlalu muluk, brarti memang muluk dan tak mungkin terjadi.

Nah, setelah baca ini, moga aja gak mudah tergiur yaa. Balik lagi ke basic investasi, apa tujuan kamu, profil resiko yang berani ditanggung, sebelum berinvestasi. Jangan kapok juga untuk mulai berinvestasi. Investasi sehat demi masa depan, hayuuukkk….

2 thoughts on “Waspada Investasi Bodong

  1. Sekarang view saya tentang investasi HYIP yang tipenya ponzi udah berubah.

    Boleh aja inves ke situ, dengan syarat: harus jadi nasabah yang awal-awal, jangan jadi yang akhir-akhir masuknya. Trus harus langsung cabut begitu udah dapet return, jangan terus-terusan, jangan greedy.😀

    Kebayang kan kalo jadi nasabah VGMC or GTIS tapi yang masuknya udah dari dulu.
    Udah pensiun dini sekarang, hehehe..

    • Hehehe.. Maunya jg bgitu ya. Tp resiko keilangannya tetap lebih tinggi. Balik lg sih ke profil resiko pribadi, sejauh mana berani ambil resiko. High risk, high return.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s