Investasi Saham

Helloo..

Apa kabar smua? Biasanya saya update tiap sebulan sekali, February kemarin gak update tapi nih. Sekarang update blog lagi, hehehe. Kali ini mau bahas tentang investasi saham. Banyak yang pengen tau tapi masih bingung dengan investasi saham, karena itu mari kita bahas yukk..

Saham merupakan tanda penyertaan modal kita pada suatu perusahaan terbuka, artinya kita ikut memiliki perusahaan tersebut. Waw.. Jadi, kalo kamu mempunyai saham perusahaan XYZ, maka kamu turut memiliki perusahaan tersebut sebesar saham yang kamu beli. Di kemudian hari, jika perusahaan XYZ tersebut berkembang dengan baik dan memiliki keuntungan, maka nilai perusahaan tersebut akan meningkat, artinya nilai saham kamu juga ikut meningkat. Karena itu, investasi saham juga disebut sebagai investasi untuk jangka panjang.

Berinvestasi saham memiliki 2 keuntungan, yaitu capital gain, kenaikan nilai investasi, dan dividen, pembagian keuntungan kepada pemilik saham. Pembagian dividen ini tidak selalu dilakukan, tergantung oleh kebijakan perusahaan. Perusahaan kecil biasanya memakai keuntungan untuk mengembangkan perusahaan sehingga tidak membagi dividen, sedangkan perusahaan besar yang telah berkembang dan stabil, biasanya akan membagi dividen kepada para pemilik saham.

Terus, bagaimana caranya untuk berinvestasi saham? Ada 2 cara untuk dapat berinvestasi saham. Jika kamu memiliki modal yang cukup dan memiliki sedikit pengetahuan tentang saham (tapi nanti harus ditambah ya pengetahuannya), cara pertama kamu bisa langsung berinvestasi saham di bursa efek, di Indonesia yaitu di Bursa Efek Indonesia. Kamu dapat membeli saham dengan membuka akun trader di BEI melalui broker yang kamu percaya. Jika ada pembagian dividen, maka kamu berhak untuk mendapatkan dividen dengan nilai sesuai jumlah saham yang kamu miliki.

Jika kamu hanya memiliki uang sedikit dan tidak punya pengetahuan tentang saham, bagaimana? Ada cara ke-2, yaitu berinvestasi di reksadana saham. Di reksadana saham, kamu dapat berinvestasi mulai dari 100rb saja, selain itu, tidak perlu memikirkan strategi investasinya, karena telah diatur oleh Manajer Investasi berpengalaman. Menarik bukan? Hanya dengan modal minimal kita tetap dapat berinvestasi saham. Dengan cara kedua ini, kamu tetap memiliki keuntungan dari capital gain nilai unit reksadana saham yang kamu beli, tetapi kamu tidak memiliki hak untuk menerima dividen.

Nah, yang patut diingat, walaupun berinvestasi pada saham menjanjikan return yang tinggi, yaitu rata-rata 25% per tahun, investasi ini adalah untuk jangka panjang. Kenapa? karena investasi saham pada jangka pendek memiliki resiko yang tinggi dan sangat berfluktuasi. Dengan semakin panjang waktu investasi, resiko tersebut dapat diturunkan.

Sekarang, setelah tau tentang investasi saham, tertarik kah untuk mulai berinvestasi? Ayoo mulai investasi sejak dini, terutama kamu yang sudah memiliki penghasilan sendiri. Rencanakan hari tua kamu dari sekarang dan mulailah berinvestasi ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s