Push Myself Harder

Hello… Happy New Year semuaa!!

Ini postingan baru gw di taon 2013. Kali ini mau sedikit sharing tentang myself, jadi bahasanya nyantai aja yah. Postingan kali ini yaitu tentang kejadian beberapa hari lalu yang bikin gw “DANG!!”, tertohok, atau apapun istilahnya itu. Kejadian itu kemudian terngiang-ngiang dan membuat gw berpikir tentang hidup gw..

Saat ini, gw lg cari-cari kerjaan, temen-temen gw ampir semua udah pada kerja setelah lulus. Gw juga pengen kerja di corporate or consulting company gt. Pengen mengamalkan ilmu S2 nya gitu loh.. So, beberapa hari lalu, gw dapat panggilan interview di salah satu perusahaan internet & tv kabel di daerah Karawaci. Jauh donk yah dari rumah gw di Depok. Mana hujan kan ya, untung aja mama kasih pinjam mobil nya, padahal biasanya dia bawa mobil keluar. Nah, begitu sampe sana, masih ada waktu sejam sebelum interview. Interview nya jam4 sore, tapi karena interviewer nya masih meeting, baru masuk interview sekitar 4.40 sore.

Yang interview ternyata bos nya, walopun bilangnya user interview, tapi kliatannya itu bos nya. Orang korea, dan berumur sekitar 70th (well, he said, he’s triple my age). Pertama duduk, dia tanya kabar, “How are you?” like usual gw jawab “I’m good”. Dia tanya lagi, apa yg dimaksud dengan good itu.. Wow, pikir gw, this will be tough interview kayaknya. And it was!!

Interview ama si bos korea ini, dia bilang (all interview in english, gw coba translate2 aja dikit), “lo harus turun ngerjain kabel2, lo mau ga?” dan karena gw ngerasa itu bukan gw, gw jawab “well, I’m not that type of person. I think I don’t want to”. Trus dia nantang, “how come lo bilang gitu (nggak mau kerja ama dia). gimana kalo lo salah?” dan dia kemudian menjelaskan panjang lebar tentang industrinya dan analogi dengan financial industry (karena gw prefer finance). At the end, pas dia tanya lagi, “so, do you want to work like that, for us?” dan gw bilang, “kalo kayak gitu, maybe I want”. Dang!! dia ketawa dah.. He really got me that time..

Kemudian dia tanya, berapa IPK gw, dan gw jawab 3.62 kmrn. Dia crita, dia dulu juga pernah di bagian HRD, mereka lebih banyak hire orang2 dengan IPK yang lebih tinggi dari gw, bahkan ada yang 4.0 perfect. Why? because they push themself harder! Trus dia tanya, kalo misalnya dia push gw, kira2 gw bisa dapat 3.75 ngga? gw jawab BISA!! trus kenapa kmrn ga bisa? karena gw lebih banyak main, gw ga push myself harder than those who got better grade. Dan kemudian gw langsung terngiang-ngiang kata-katanya itu… Masih ada beberapa lagi yang bikin gw merasa terbantai habis dalam interview itu. Tapi sekaligus kagum ama si bos korea.

Last, dia tanya, “what’s ur dream?” gw terdiam sebentar, dia masih menunggu, dan kemudian gw jawab apa dreams gw dengan malu2.. Gosh.. Gw bukan orang yang punya small dreams, tapi saat itu, gw merasa I’m doubting myself.. Hari itu, he taught me much. Mungkin gw ga akan diterima di perusahaan itu, mungkin juga diterima. Tapi, I got more than that..

Gw berpikir, selama ini gw memang ga push myself harder. Contoh, gw pengen punya badan atletis, sixpack, nomer celana jadi 30″ lagi, sejak 2009. Gilak, udah berapa tahun berlalu dan gw masih gagal mencapainya. Then I remembered what the korean boss said, “winners always push themself harder”. Seringkali gw emang ga push myself harder. ga usah hal2 yang besar, hal2 kecil kayak bangun pagi aja, kalo emang hari itu ga ada kegiatan, gw akan males bangun..

I wanna be a winner.. So, start from now, I have to push myself harder.. I write it down in blog, so I will always remember that.. Phillip Phillips, American Idol winner, said “…I just push myself as far as I can!” So, c’mon, let’s be a winner, and push ourself harder.. Have a great year for you in 2013!!

Leave a Reply

