Financial Review

Haii semuaa,

udah bulan desember nih, bentar lagi tahun baru yaa.. Gimana perjalanan kamu selama tahun 2012 ini? Nah, kali ini saya mau ajak kamu semua untuk review, tapi review bukan sembarang review. Mari kita review keadaaan finansial selama tahun 2012. Apa saja yang udah dilakukan, akan dilanjutkan, dan sebagai dasar untuk resolusi finansial di tahun 2013 nanti.. Yuukk mareee…

Apa saja yang mau kita review kali ini? Ok, here we goes:

  • Dana Darurat, sudahkah dana darurat atau emergency fund kamu terkumpul tahun ini? Jika belum, usahakan agar segera terkumpul paling lama dalam waktu 2 tahun sejak dibentuk. Kumpulkan dana darurat sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Dana darurat juga harus dalam bentuk likuid dan gampang diakses.
  • Hutang, bagaimana keadaan hutang kamu? hutang apa saja yang kamu punya? hutang produktif (KPR, hutang usaha) atau malah kebanyakan hutang konsumtif (hutang kartu kredit, dll)? Cek, jika total hutang kamu lebih dari 50% terhadap total aset kekayaan yang kamu miliki, that’s not healthy guys! You should do something!
  • Cicilan, setelah melihat perbandingan total hutang, cek berapa besar cicilan kamu setiap bulan. Usahakan tidak melebihi 35% dari pendapatan per bulan. Jika lebih, akan sangat berat untuk cash flow bulanan kamu.
  • Cash flow bulanan, apakah selama ini gaji kamu langsung habis, lebih besar pasak daripada tiang, atau berlebihan sehingga bisa menabung dengan baik? Telusuri pengeluaran apa saja yg membuat kamu tidak bisa menabung. Change it!
  • Investasi, investasi apa saja yang sudah dimiliki? berapa besarnya? apakah sudah sesuai dengan tujuan keuangan kamu? apakah instrumen investasi yang digunakan sudah benar? tingkat terus investasi kamu!
  • Proteksi, sudah adakah proteksi yang cukup untuk kamu dan keluarga kamu? untuk yang single, minimal berupa asuransi kesehatan, dan untuk yang sudah berkeluarga dan punya tanggungan, proteksi keluarga kamu dengan asuransi jiwa yang tepat.

Okeh, sudah direview semua? Apakah selama 2012 ini, keuangan kamu sehat? atau malah berantakan? Sekarang saatnya membuat resolusi keuangan untuk 2013! Get better financial life in 2013!!

Merry Xmas & Happy New Year for you all!!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s