Biaya Kuliah Masa Depan

Helloooo semua…

Apa kabar? Gimana yang kemaren nunggu pengumuman SNMPTN? Diterima di universitas idaman gak? Syukur kalo diterima. Yang nggak diterima, tetap berusaha yaa! Saya malah jumat ini wisuda, hehehe.. Akhirnya wisuda lagi, hehehe… Ngomong-ngomong soal kuliah, biaya kuliah sekarang mahal yaa.. Orang tua kita sekarang susah payah banting tulang buat bisa nyekolahin kita, karena dari itu, kita harus bersyukur kalo bisa sekolah sampe kuliah. Nah, biar nanti kalo misalnya punya anak, dan ga pusing mikirin biaya sekolahnya, mari kita berandai-andai tentang biaya kuliah masa depan dan gimana kalo kita yang jadi orang tua. Hmmm, menarik juga yaa…

Ok, berapa sih biaya kuliah sekarang? Saya ambil beberapa PTN dan PTS terkemuka yah sebagai contoh (karena ini fakta dan saya tidak berafiliasi dengan institusi manapun, gpp kan yah, sebut merk ^_^). Tahun 2011, dari data yang saya peroleh, biaya kuliah di beberapa PTN dan PTS sebagai berikut:

  • UI: jurusan eksakta & kesehatan 7,5 juta /semester. non-eksakta 5 juta /semester.
  • ITB: 5 juta /semester.
  • UGM: jurusan eksakta & kesehatan 75 ribu / sks /semester. non-eksakta 60 ribu /semester
  • Trisakti: 210 ribu /sks + pokok semester (bervariasi antara 5 – 11 juta tergantung jurusan)
  • Atmajaya: sekitar 200 ribu /sks (variatif tergantung jurusan) + pokok semester (bervariasi antara 1,6 – 4,5 tergantung jurusan)
  • STT Telkom: 6 – 7,5 juta /semester (tergantung jurusan)

Biaya di atas, belum termasuk uang pangkal dan uang lain-lain seperti uang praktikum (jika ada). Uang pangkal biasanya berkisar antara 20 juta hingga 50 juta, kecuali untuk jurusan kedokteran yang bisa mencapai 100 juta lebih. Itu semua adalah biaya di masa sekarang. Bayangkan di masa mendatang, berapa banyak yang harus diperlukan.

Rata-rata inflasi (tingkat kenaikan harga) untuk pendidikan sekitar 20% – 30% rata-rata per tahun. Mungkin tidak selalu naik 20% per tahun, tapi naik setiap jangka waktu tertentu, misalnya ITB pada tahun 2003, biaya kuliah per semester sebesar 1,6 juta, pada tahun 2011 menjadi 5 juta, dalam 8 tahun naik lebih dari 200%, jika dirata-ratakan sekitar 25% per tahun. Tinggi sekali yah!!

Kalo masuk PTN dengan biaya kuliah per semester 5 – 7,5 juta, setahun berarti 10 – 15 juta. Kalo beres kuliah dalam 5 tahun (moga aja ini maksimalnya), berarti 50 – 75 juta. Ditambah uang pangkal sekitar 25 – 50 juta, maka total biaya kuliah saat ini yang harus dipersiapkan sekitar 100 juta hingga selesai. Itu baru untuk biaya kuliah per semester nya saja. Kalo masuk PTS, biaya nya lebih mahal lagi.

Jadi, kalo nanti punya anak (atau udah punya anak yah?), biaya kuliahnya berapa yaa?? Hmmm, mari kita berhitung.. Umur anak sekarang misalnya 5 tahun, masuk kuliah di umur 18 tahun, berarti masih 13 tahun lagi. Dengan inflasi pendidikan yang tinggi tadi (20%-30%), kita ambil saja 20%, maka biaya kuliahnya nanti hingga tamat (yg bernilai 100 juta saat ini) menjadi sebesar Rp. 1.070.000.000,- alias 1 Milyar 70 juta. Wuaaahhh, duit darimana yaa 1M?!?! Ini baru hitungan kasar loh, belum yang detil-detilnya.

Selain bantuan keuangan seperti beasiswa, loan (pinjaman), tunjangan, untuk membantu pendidikan, banyak pula produk investasi yang ditawarkan untuk bisa menutupi biaya kuliah masa depan tersebut. Tapi, mana kah yang cocok?? Salah satu tips dari tulisan saya sebelumnya, Basic Investasi, produk investasi yang tepat harus disesuaikan dengan jangka waktu tujuan. Jadi, kalo anaknya umurnya 15 tahun dengan anak yang masih 5 tahun, produk investasi yang digunakan juga berbeda yah. Jangan lupa itu. Mari coba kita hitung, berapa banyak yang harus diinvestasikan buat biaya kuliah masa depan yang 1M tadi itu. Hmmm… Uang sebesar Rp. 900.000/bulan yang di investasikan dengan return rata-rata 25% /tahun selama 13 tahun nantinya menghasilkan uang sebesar Rp. 1.055.000.000 atau 1 Milyar 55 juta. Lumayan cukup untuk biaya kuliah masa depan kan..

Nahh, gimana gimana? Kira-kira udah kebayang belom mahalnya biaya kuliah masa depan untuk anak-anak kita nanti? (anak siapa ama siapa, kok jadi kita? hahaha). Itu semua di atas cuma ilustrasi perhitungan untuk biaya kuliah aja loh, belom biaya sekolah dari SD sampai SMA nya.. Tugas seorang financial planner untuk bisa membantu kamu nanti merencanakan masa depan cerah buat anak-anak kamu. Itu kalo pake financial planner yaa, kalo ga pake ya gpp sih, pusing SEDIKIT, hahaha…

Okeh sipp, segitu dulu aja sharing-sharing tentang biaya kuliah masa depannya. Moga membantu yaa. No plan is the worst plan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s