Financial Planner

Hello,

jumpa lagi ama saya di blog ini (ala ala acara gossip), hehehe… Selama ini, saya sering bilang tentang financial planner atau perencana keuangan, tapi belum pernah menceritakan secara detil apa saja sih yang dikerjakan oleh financial planner itu? dan sebagainya. nah, kali ini, saya mau cerita tentang apa itu financial planner atau perencana keuangan.

Financial Planner atau perencana keuangan, adalah profesional yang membantu kamu dalam merencanakan keuangan pribadi kamu, memberi solusi perencanaan, pemilihan pengelolaan keuangan, kekayaan atau investasi kamu, agar kebutuhan dan tujuan keuangan kamu untuk jangka pendek, menengah, dan panjang dapat tercapai. Jadi, singkatnya, perencana keuangan itu bertugas membuat suatu rancangan (plan) yang pas dengan kebutuhan kamu agar kamu dapat mencapai tujuan keuangan/dreams kamu.

Banyak persepsi yang salah beredar di luar sana, bahwa Financial Planner itu hanya untuk orang kaya, Financial Planner hanya dibutuhin pada saat krisis keuangan terjadi, Financial Planner itu cuma ngurusin investasi dan/atau asuransi, dsb. Financial Planner bukan hanya untuk orang kaya, justru Financial Planner membantu kamu untuk mencapai tujuan2 keuangan kamu nanti (hidup nyaman sesuai keinginan, amiinnn). Kata Suze Orman, financial freedom itu adalah ketika kita sudah tidak mempunyai pikiran2 “what-if” tentang keuangan. maksudnya? ketika semua tujuan2 keuangan kamu udah terencana dengan baik, kamu akan merasa lebih siap dari segala macam pikiran2 buruk yang akan menimpa keuangan kamu tentunya. That’s the real financial freedom, you don’t have to be super rich! you just have to be well-planned.

Ok, itu baru intro, hihihihi… Financial Planner itu ada dua macam: yang pertama, Financial Planner yang terikat dengan institusi seperti bank atau asuransi, mereka biasanya memberikan rekomendasi produk dari produk2 keluaran tempat mereka bekerja. yang kedua, Independent Financial Planner, mereka memberikan rekomendasi produk yg lebih variatif dan tidak terikat oleh institusi manapun.

Apa saja sih scope of work dari Financial Planner itu? Financial Planner dapat memberikan solusi-solusi atas permasalahan keuangan, antara lain:

  • Manajemen Cashflow dan Aset, serta Dana Darurat
  • Perencanaan Investasi
  • Perencanaan Asuransi
  • Perencanaan Pensiun
  • Perencanaan Dana Pendidikan Anak
  • Perencanaan Waris
  • Perencanaan Pajak (pribadi)
  • Perencanaan Lainnya (membeli rumah, menikah, dll)

Jadi, tidak hanya soal investasi atau asuransi saja, tapi juga tentang merencanakan pendidikan anak, pensiun, sampai merencanakan hal2 yang berhubungan dengan warisan dan pajak. Mampir juga ke blog saya sebelumnya, basic mengatur keuangan untuk tips financial planning pribadi.

Perencana Keuangan yang profesional adalah perencana keuangan yang mempunyai sertifikasi khusus dan tlah mengambil pendidikan tentang perencanaan keuangan. Sertifikasi atau gelar perencana keuangan antara lain RFC (Registered Financial Consultant), RFA (Registered Financial Associate) dan CFP (Certified Financial Planner). Sertifikasi dan gelar ini sudah diakui di dunia internasional. Pastikan kamu menggunakan jasa financial planner yang mempunyai sertifikasi di atas untuk mengatur keuangan kamu.

Nah, untuk lebih jelasnya dan lebih lengkapnya tentang Perencana Keuangan dan Perencanaan Keuangan, datang aja ke IFP Expo 2012 (Independent Financial Planner Expo). Akan ada banyak financial planner terkemuka disana, seperti Aidil Akbar, Ligwina Hananto, Safir Senduk, dan banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa cek kesehatan keuangan kamu, gratis! Kapan kah itu? Nanti tanggal 31 Maret 2012. Jangan lewatkan yaa.. Untuk info lengkapnya, check it out here >> IFP EXPO 2012.

It’s not how much money you earn, it’s about how much you save.

[ad code=1 align=center]

2 thoughts on “Financial Planner

  1. Cool & Meaningful info..!!!

    Jujur, gw nge-fans sama Suze Orman dan suka banget nonton acara Suze Orman Show (walau kadang kayaknya ga semua applicable di Indo, or is it just me?)

    Gw tertarik banget dg Perencanaan Asurainsi, tapi jujur bingung banget dengan banyaknya ragam program asuransi yang ditawarkan oleh berbagai perusahan asuransi.

    Or maybe, do I really need insurance at the moment?
    Hmm..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s