Mengenal Reksa Dana

Hello,

kali ini mau sharing tentang reksadana, soalnya spertinya banyak yg blom banyak kenal apa itu reksadana, hehehe… Yuk, kita mulai ^_^

Apa sih reksadana itu? Menurut UU Nomor 8 tahun 1995, reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. maksudnya apa tuh? Jadi, ketika kamu menginvestasikan duit kamu di reksadana, duit kamu itu bersama-sama dengan duit investor lain kemudian dihimpun dan diatur ama Manajer Investasi berpengalaman, diinvestasikan pada portofolio efek (pasar modal atau pasar uang). Nah, jadi MI itu kayak broker yg atur2 duit kita ya? Bukaann.. MI hanya mengatur investasi kolektif untuk diinvestasikan, akan tetapi dana kolektif tersebut disimpan di bank kustodian, tidak dipegang oleh MI nya.

Membeli reksadana dapat diartikan juga seperti menabung. Bedanya adalah surat tanda menabung tidak dapat diperjualbelikan, sebaliknya reksadana bisa diperjualbelikan. Unit penyertaan yang bisa dijual kembali kepada manajer investasi disebut reksa dana terbuka (open end). Kebalikannya adalah reksa dana tertutup (close end), yakni reksa dana yang hanya bisa dijual kepada investor lain melalui pasar sekunder. Sebagian besar reksa dana yang ada sekarang ini berbentuk reksa dana terbuka.

Jenis-jenis reksadana menurut portofolio nya dibagi menjadi:

  1. Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana yang menempatkan 100% dananya, dalam instrumen pasar uang, seperti deposito, SBI (Sertifikat Bank Indonesia), atau obligasi (surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau Pemerintah) yang memiliki jatuh tempo kurang dari1 tahun.
  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana yang menempatkan minimum 80% dari dananya dalam instrumen obligasi.
  3. Reksa Dana Campuran, Reksa Dana yang menempatkan dananya, dalam instrumen pasar uang atau obligasi, atau sahamdengan komposisi yang fleksibel.
  4. Reksa Dana Saham, Reksa Dana yang menempatkan minimum 80% daridananya dalam instrumen saham.
  5. Reksa Dana Terproteksi, Reksa Dana yang menempatkan sebagian besar dananya dalam instrumen obligasi sedemikian rupa dapat memberikan perlindungan atas nilai awal investasi pada saat jatuh temponya.

Terus, kalo saya berinvestasi di reksadana, keuntungannya apa? Hmmm, keuntungan berinvestasi di reksadana, antara lain, biaya relatif rendah, cocok untuk investor pemula dan investor dengan kemampuan finansial yang tidak terlalu besar (bisa invest mulai dari Rp.100rb aja) serta tidak terlalu menguasai teknik-teknik portofolio, yang terakhir yaitu dikelola oleh manajer investasi yang profesional.

Ada resiko nya nggak sih? Seperti instrumen investasi pada umumnya, reksa dana juga memiliki resiko, yaitu resiko investasi. maksudnya? yaa, ketika portofolio yang dikelola MI mengalami kenaikan, maka nilai investasi kamu juga naik, jika nilai investasinya turun, maka nilai investasi kamu juga ikut turun. Misal: kamu membeli RDC sebanyak seharga Rp.3500/unit sebanyak 100 unit = Rp.350.000, jika nilai RDC kamu turun menjadi Rp.3450/unit, maka nilai investasi kamu juga berkurang menjadi Rp.345.000. Sebaliknya jika naik menjadi Rp.3550/unit, maka nilai investasi kamu juga bertambah menjadi Rp.355.000. Nilai (return) reksadana tercermin pada harga reksadana yang disebut NAB (Nilai Aktiva Bersih).

Belinya dimana nih kalo mau beli reksadana? Kamu bisa membeli reksadana langsung pada Manajer Investasi yang bersangkutan atau melalui Agen Penjual Reksa Dana (berlisensi WAPERD) seperti Bank, pilih yang memberikan kemudahan untuk kamu. Jika ingin mengetahui kinerja berbagai macam reksadana, kamu bisa cek ke infovesta.com untuk lebih jelasnya.

Kalau ada pertanyaan, feel free to ask me or leave any comment yaa… Selamat berinvestasi!

sumber: infovesta.com dan edukasi Bank Indonesia

[ad code=1 align=center]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s