Pensiun nyaman, siapkan dari sekarang

Hello…

apa kabar semua? ini mumpung lg semangat2nya nulis, jd mau sharing2 lagi nih. soal pensiun. sebenarnya sih saya belom kerja, tapi ga ada salahnya kan ya sharing2 soal pensiun. kenapa sih ngomongin pensiun, kan masih lamaaa?? iya, bener masih lama. justru karena masih lama itu jadi keuntungan buat nyiapinnya.

Papa – mama sekarang ada yang udah pensiun atau mau pensiun? hmm, menurut pengamatan kamu2 semua nih, pensiun nya orangtua cukup ga? syukur2 sih kalo orangtua pensiun dengan nyaman, alhamdulillah. tapi pernah liat ato ngerasain mungkin yang orangtuanya pensiun tapi jadi kesusahan finansial, dan malah bergantung pada anak? ini banyaakkk banget terjadi di Indonesia. sayangnya, sang anak rata-rata juga mempunyai keluarga sendiri yang hrus dibiayai, apalagi kebutuhan rumah tangga sekarang meningkat. susu bayi aja mahaall banget, masuk sekolah anak apalagi. kalo saya tua nanti, rasanya kok berat yaa mau nyusahin anak sendiri…

Di Amrik sono, kebutuhan akan dana pensiun diatur ama pemerintah dengan program 401(k) atau IRA. di Indonesia ada sih DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan), Jamsostek, atau DPPK. tapi rata-rata orang belum begitu peduli dengan dana pensiun. padahal kebutuhan dana pensiun itu kalo ga disiapin dari sekarang, bisa kelabakan loh nanti.

Nah, gimana jadinya biar ntar pensiunnya nyaman?

Pertama, perhatikan berapa lama lagi umur pensiun kamu? semakin lama jarak dengan umur pensiun, semakin baik persiapannya dan dana yang harus diinvestasikan lebih kecil. rata-rata umur pensiun di Indonesia sekitar 55 tahun. kalo umur kamu sekarang 25 tahun, masih ada waktu 30 tahun untuk mempersiapkan dana pensiun, great!

Kedua, hitung berapa besar kebutuhan kamu nanti waktu pensiun. perhitungannya, bisa dibilang agak rumit sih, karena ada komponen inflasi, berapa lama survival lifetime peroid yang akan dicover, dan pengeluaran bulanan gaya hidup kamu. misalnya: umur 25, pensiun umur 55. ada waktu 30 tahun. inflasi 10% per tahun. pengeluaran bulanan 5jt/bln. perkiraan survival lifetime (bsia hidup ampe umur brp) ampe umur 70th, brarti hrs bisa cover 15 tahun. itu hitungan kebutuhan dana pensiunnya sekitar Rp. 14.000.000.000, yup betul 14 milyar rupiah (ini nol nya belom diredenominasi nih yaa). banyak banget yaaaaa….

Ketiga, setelah tau kebutuhan dana pensiun, mulailah berinvestasi jangka panjang. investasi jangka panjang cenderung lebih banyak ke produk berbasis saham, misalnya reksadana saham. bisa juga didiversifikasikan portofolio aset investasi kamu nantinya.

Nah, tadi kan saya bilang semakin lama kita punya waktu mempersiapkan dana pensiun, makin kecil yang harus diinvestasikan. investasi pada reksadana saham sebesar Rp. 500.000 setiap bulan dengan perkiraan return 25% (bisa lebih) per tahun selama 30 tahun, hasilnya mencapai sekitar Rp. 11.875.000.000 loooh. Bandingkan jika kita mulai berinvestasi untuk dana pensiun dari umur 35 tahun, waktu untuk mempersiapkannya lebih pendek, uang yg harus diinvestasikan juga harus lebih besar untuk mencapai kebutuhan dana pensiunnya.

Sebaiknya persiapkan dana pensiun sejak pertama mulai bekerja. Ok ok, gmana? udah ada bayangan? pensiun nyaman, siapkan dari sekarang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s