Basic Investasi

Hai semua,

kali ini saya mau sharing lagi soal investasi, terutama basic investasi, apa itu investasi, kenapa harus investasi, mana yang investasi mana yang trading/gambling, yaa dasar-dasar aja buat diketahui sebelum berinvestasi.

Apa itu investasi? bedanya ama menabung apa? Nah, kalo nabung, uang yang disimpan masih dalam bentuk cash untuk dapat diambil dan digunakan sewaktu-waktu jika diperlukan (misalnya untuk keadaan darurat). Sedangkan investasi, uang tersebut dimasukkan dalam produk investasi yang nantinya akan memberi hasil/return (dan harus lebih besar dari inflasi), simpelnya uang yang diinvestasikan menghasilkan lebih banyak uang dari yang dimiliki sekarang. Eh, ribet ga sih, penjelasan saya? hahaha…

Kenapa harus investasi?

Hmmm, yang pertama, karena time value of money atau nilai uang. Nilai uang yang dimiliki sekarang, di masa depan akan berkurang, karena itu nilai uang tersebut harus bisa dijaga agar tidak berkurang (dan harus bisa melebihi) dari nilai uang saat ini. Contohnya: beli bakso sekarang Rp.8000, bandingkan dengan 15 tahun lalu, beli bakso semangkok cuma Rp.500. Beli bakso 10 tahun lagi mungkin butuh Rp.20000, artinya nilai Rp.8000 saat ini tidak sama dan berkurang di masa depan. Jika inflasi (kenaikan nilai uang) sebesar 6% per tahun (kata Pemerintah), maka untuk melindungi nilai uang yang dimiliki, uang tersebut harus diinvestasikan pada produk investasi yang memberikan hasil lebih tinggi daripada angka inflasi, misalnya 8% atau 10% per tahun.

Yang kedua, kamu pasti punya donk keinginan-keinginan dan tujuan-tujuan di masa depan? misalnya, mau beli rumah, menikah, punya mobil, sekolahin anak ke luar negeri, dll. Keinginan dan tujuan masa depan tersebut pasti butuh dana donk, karena itu harus dipersiapkan. “Saya udah nabung loh buat beli rumah…” Ok, that’s good. Tapi inget yang pertama, nilai uang di masa depan akan berkurang. misal: harga rumah sekarang 100juta, 10 tahun lagi dengan inflasi 15% kenaikan harga rumah bisa menjadi 800juta. Biasanya kesalahan yang umum dilakukan adalah: mau beli rumah 10 tahun lagi, tapi menabungnya untuk uang 100juta sekarang. begitu terkumpul 100juta 10 tahun lagi, harga rumah udah jadi 800juta. Mau sampai kapaann nabungnya? Karena itu, langkah smart nya adalah dengan berinvestasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Oke, sekarang udah tau kenapa harus berinvestasi. Nah, sering denger nggak, ada yang ditawarin untuk berinvestasi di suatu produk yang memberikan hasil tinggi, tau-tau uangnya bablass.. takut ngga? nah, basicly, they’re not doing investing, they’re doing trading or maybe just gambling. tau darimana jadinya kamu itu investasi atau malah gambling/trading? Pertama, atas dasar apa kamu berinvestasi di produk tertentu itu? apa karena memang punya visi dan tujuan yang jelas atau hanya asal berani aja karena termakan bujuk rayu orang lain (dg iming2 hasil tinggi). Kedua, kamu mengharapkan keuntungan (hasil) dari pergerakan harga jangka pendek atau dari performance bisnis yang jangka panjang? Dari kedua hal tersebut udah dapat dilihat apakah kamu sedang berinvestasi atau sedang trading/gambling.

Sebelum berinvestasi, kamu harus mempunyai tujuan yang jelas dan juga mempunyai jangka waktu yang spesifik, apakah untuk jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang. Setelah itu, baru disesuaikan dengan produk investasi sesuai dengan tujuan dan jangka waktu tersebut agar dapat mencapai hasil yang optimal.

Selain itu, kamu juga harus mengerti dulu profil resiko kamu, sejauh mana kamu mampu menanggung resiko kehilangan uang. Apakah kamu termasuk yang mempunyai profil resiko konservatif (tidak suka mengambil resiko dan selalu ingin melindungi pokok investasinya) atau profil resiko yang agresif (tidak segan-segan mengambil resiko tinggi untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi). The most important rule of investing: Never invest money you cannot afford to lose.

Nah, sekarang, udah cukup ngerti kan, apa itu investasi? Next time, nanti saya sharing lagi tentang bagaimana berinvestasi dan apa aja produk2 investasi itu. Smart investing for your better future!

[ad code=1 align=center]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s